Cover Cara Aktifkan Streak Tiktok Dan Streak Rainbow
Tutorial

Cara Aktifkan Streak TikTok dan Streak Rainbow

Eh, pernah nggak sih merhatiin ada api kecil di samping username orang yang lagi chatting sama kamu di TikTok? Itu tuh bukan cuma hiasan doang lho! Sebenernya itu salah satu fitur baru TikTok yang namanya streak.

Penasaran kan apa itu streak? Tenang, di sini kita bakal bahas tuntas semuanya tentang streak TikTok. Bahkan kita juga bakal ngomongin soal streak rainbow yang keren itu. Jadi, yuk simak bareng-bareng!

Apa Itu Streak TikTok?

Screenshot 20241014 105256 Tiktok

Streak TikTok adalah api kecil yang muncul di samping username akun TikTok seseorang yang berkomunikasi dengan Anda di TikTok. Streak akan muncul setelah 3 hari rutin berkirim pesan, dan akan hilang jika komunikasi terputus. 

Streak menjadi penanda bagi kalian dan teman mengenai seberapa sering dan intens kalian saling berhubungan. 1 streak, berarti 1 hari Anda chattingan tanpa terputus. Begitupun 100 streak, adalah tanda 100 hari Anda tidak pernah putus dalam chattingan. Jika sudah 100 streak, warna api akan berubah ungu, warna api juga akan berubah setelah 200 streak.

Screenshot 20241014 104850 Tiktok

Arti dari Api 3 di Chat TikTok

Api 3 TikTok adalah streak TikTok yang dimulai setelah 3 hari Anda chatting dengan seseorang tanpa terputus satu hari pun. Biasanya streak TikTok selalu dimulai dari angka 3, tidak pernah angka 1.

Screenshot 20241014 104906 Tiktok

Seterusnya streak akan terus bertambah sebanyak hari Anda berkomunikasi dengan teman. 1 streak, sama dengan 1 hari. 20 streak, sama dengan 20 hari dan seterusnya.

Cara Mengaktifkan Streak TikTok

Tidak ada cara khusus, Anda cukup rutin chattingan saja setiap hari. Bukan rutin chattingan yang harus fast respon atau setiap menit kalian bertukar chat, yang penting dalam satu hari ada komunikasi saja. 

Kedua belah pihak harus membalas chat dalam waktu 24 jam. Jika salah satu ada yang membalas chat melebihi 24 jam, maka streak akan hilang. Lebih jelasnya, simak langkah berikut:

  1. Kirim chat kepada temanmu
  2. Pastikan dia membalas
  3. Lakukan rutin selama kurang lebih 3 hari. Biasanya membutuhkan waktu 3 hari, jika setelah 3 hari masih belum muncul, tetap lakukan komunikasi siapa tahu memang peraturannya berubah
  4. Streak akan muncul dengan tanda api 3 di dekat username TikTok teman Anda
  5. Streak akan bertambah 1 setiap harinya
  6. Streak akan hilang jika salah satu dari kalian tidak membalas chat dalam 24 jam

Cara Membuat Streak Rainbow atau Pelangi di TikTok

Screenshot 20241014 105224 Tiktok

Streak rainbow adalah streak yang diluncurkan TikTok untuk memperingati pride month (LGBT) yang hanya rilis di negara-negara yang melegalkan hubungan sesama jenis. Di Indonesia tentu tidak rilis, contoh negara yang rilis di sana adalah Thailand. Selain itu streak rainbow tidak muncul setiap hari, hanya muncul di tanggal pride month mereka saja.

Masihkah Anda menginginkan streak rainbow setelah mengetahui arti streak pelangi?

Cara Mengatasi Streak TikTok Hilang

Ketahui penyebabnya dahulu kenapa hilang. Yaitu dikarenakan salah satu dari kalian lupa membalas chat dalam waktu 24 jam. 

Jika streak sudah hilang, maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan. Itu artinya Anda harus mengumpulkan streak TikTok dari awal pada angka 3 api.